Perawatan Gigi yang Boleh Dilakukan Saat Puasa

BEHEL GIGI : SAKIT ATAU TIDAK ?
Mei 19, 2018
whitening gigi
Bleaching/Whitening Gigi: apakah merusak gigi ?
November 19, 2018
Show all

Perawatan Gigi yang Boleh Dilakukan Saat Puasa

oleh drg. Rasda Diana, Dipl.CIBTAC.,MSc

Ramadhan Kareem is coming!

Yeay! Bulan suci dan penuh pengampunan untuk umat muslim ini emang anticipated banget. Di bulan ini biasanya bakal penuh jadwal buka bersama tuh, yang berarti juga mini reunion sama temen-temen dari TK, SD, SMP, SMA, kuliah… kann…?

Hmmm.. asal jangan reuninan sama mantan aja. Ups!

Eits, tapi jangan sampai seru-seruan kamu bakal terganggu sama yang namanya bau mulut. Yeps, bau mulut adalah salah satu masalah gigi dan mulut yang paling sering menjangkit waktu puasa. Ya nggak? Udah berusaha bawa sikat gigi dan odol kemana-mana, plus bawa obat kumur juga nggak membantu. Pengen ke dokter gigi biar bau mulut hilang dan puasa fresh, tapi.. hmm boleh nggak ya ke dokter gigi waktu puasa?

Don’t worry! Kali ini kita bakal bahas dengan detail, tindakan dental apa aja sih yang boleh dilakukan waktu puasa?

 

Cabut gigi

Menurut Majelis Ulama Indonesia, pencabutan gigi (ekstraksi) tidak membatalkan puasa. Saat pencabutan gigi, pasien akan diberikan obat anestesi (mati rasa) yang bisa berupa gel oles, disuntikkan, atau disemprotkan. Karena jumlah nya yang sedikit, asal tidak berlebihan, pemberian obat anestesi tidak membatalkan puasa meskipun tertelan. Yang membatalkan puasa kalo kamu habis cabut gigi minum es duren… hehehe.

 Scaling / membersihkan karang gigi

Dalam proses pembersihan karang gigi, biasanya akan banyak air yang disemprotkan dari alat (scaler). Nah, pun kadang pasien sering diminta berkumur dengan air atau obat antiseptik. Apabila dilakukan dengan berhati-hati dan tidak berlebihan maka tidak membatalkan puasa sekalipun ada yang tertelan. Sebaliknya jika dilakukan dengan tidak berhati-hati dan berlebihan maka puasa kamu akan batal jika ada yang tertelan. Sensasi rasa segar dari air yang keluar dari alat ultrasonic scaler dan pemberian pasta profilaksis dengan “berbagai rasa” di dalam mulut pasien selama pembersihan karang gigi tidak membatalkan puasa. Terjadinya pendarahan selama pembersihan karang gigi tidak membatalkan puasa.

Tambal Gigi

Jika gigi kamu berlubang saat puasa, wajib banget ke dokter untuk menambal gigi kamu. Karena penambalan gigi dan obat yang tertelan (tidak sengaja) selama proses penambalan gigi tidak membatalkan puasa jika dilakukan dengan berhati-hati dan tidak berlebihan.

Terus gimana kalo ada bahan tambal sementara? Bahan tambal sementara yang tertelan juga tidak membatalkan puasa asal dengan tidak sengaja.

Pemasangan kawat gigi

Buat kamu yang giginya berjejal, bahkan sampai mengganggu proses pengunyahan, pemasangan kawat gigi diperbolehkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Untuk tujuan pengobatan maka hukumnya halal
  2. Untuk menormalkan gigi yang tumbuhnya tidak normal maka hukumnya halal
  3. Untuk tujuan tindakan pencegahan dari timbulnya penyakit, maka hukumnya halal.
  4. Untuk tujuan kecantikan tanpa merubah bentuk aslinya maka hukumnya haram.

Nah, sebelum pemasangan kawat gigi biasanya akan dilakukan proses pencetakan. Proses pencetakan gigi ini dilakukan dengan memasukkan bahan alginate ke dalam mulut. Tapi jangan khawatir, proses pencetakan gigi ini tidak membatalkan puasa.

 

Tuh, jangan khawatir lagi, karena selama Ramadhan pun gigi kamu nggak bisa tetep sehat dan cantik!

 

Cheers!

 

 

 

Bibliography

Musyawarah Komisi Fatwa MUI Kota Bandung Nomor: 250/E/MUI-KB/V/2018

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *