SAKIT GIGI CENUT-CENUT, HARUS APA?

BEHEL HARUS CABUT GIGI ?
Januari 16, 2019
Show all

SAKIT GIGI CENUT-CENUT, HARUS APA?

Gigi terasa cenut-cenut seringkali disebabkan adanya lubang gigi yang sudah besar, apa yang harus dilakukan ?

Siapa pembaca di sini yang pernah sakit gigi? Nggak enak banget, kan, rasanya? Tahukah kalian kenapa gigi bisa jadi sakit?

Ada banyak sekali penyebab sakit gigi: mulai dari lubang gigi, infeksi di sekitar gusi, sampai gigi sensitif pun bisa bikin gigi terasa sakit dan mengganggu.

Kita coba bahas dulu dari penyebab yang paling sering kita temui, lubang gigi.

 

Apa sih sebenernya lubang gigi itu?

Lubang gigi atau dalam istilah medis disebut karies adalah keadaan di mana struktur gigi kita yang notabene sangat keras ini menjadi rusak karena bakteri.

Kok bisa ada bakteri? Pada dasarnya, mulut kita sangat penuh dengan bakteri. Singkatnya, sisa makanan yang menumpuk di gigi bisa jadi sarang yang enak buat para bakteri, kemudian menyebabkan struktur gigi jadi rapuh dan rusak. Kalau bakteri ini sudah sampai ke struktur gigi yang paling dalam, timbul lah sensasi sakit di gigi.

 

Bagaimana penanganannya ?

Penanganan untuk sakit gigi bisa bermacam macam, bergantung dari seberapa parah kerusakan di struktur gigi yang disebabkan oleh si bakteri ini.

  1. Kumur dengan air hangat dan garam

Air hangat dan garam bisa membantu untuk meredakan rasa sakit yang timbul di gigi. Ya, memang hanya sampai tahap membantu meredakan aja. Setelah itu kalian tetap harus memeriksakan gigi kalian ke dokter, ya

  1. Cek ke dokter gigi terdekat

Segera konsultasikan keadaan sakit kalian ke dokter gigi terdekat. Ceritakan secara detail rasa sakit yang kalian rasakan. Dokter pasti akan memeriksa lebih lanjut keadaan gigi kalian dan menentukan perawatan yang tepat dan sesuai.

  1. Minum obat pereda nyeri

Masih belum sempat ke dokter? Kalian bisa beli obat pereda nyeri yang umum dijual di apotek, seperti asam mefenamat atau parasetamol. Kalau ada yang nyaranin buat beli antibiotik gimana? Big NO! Antibiotik nggak boleh diminum kalau nggak ada resep dari dokter ya..

 

Perawatan apa yang diberikan oleh dokter gigi ?

Selama gigi masih memiliki struktur yang baik, kita masih bisa mempertahankan gigi dengan cara ditambal. Proses tambal gigi yang sudah sampai terasa sakit pun belum tentu bisa satu kali kunjungan. Bisa jadi masih ada perawatan tambahan yang disebut perawatan saluran akar. Untuk pembahasan perawatan saluran akar, kita bahas khusus di artikel selanjutnya ya.

Jika dokter menyatakan sudah tidak bisa dipertahankan karena struktur gigi yang sudah sangat rusak, maka kita harus lakukan opsi perawatan terakhir, dicabut.

Nah, that’s why kita selalu menyarankan buat cek gigi 6 bulan sekali. Kenapa? Biar perawatannya nggak terlambat. Kalau gigi yang berlubang sampai terasa sakit, itu tandanya struktur gigi yang rusak sudah banyak. Perawatannya akan semakin kompleks, biayanya akan semakin tinggi, dan paling parahnya giginya harus sampai dicabut.

Gigiku sudah terlanjur sakit, dok. Gimana dong?

Yuk segera diperiksa. Jangan sampai rasa takutmu bikin gigimu semakin rusak!

 

 

oleh : drg. Dian Lestari Putri Nugroho

Opal Dental Indonesia

www.opaldentalindonesia.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *