Tips Anti Sakit Setelah Pasang Behel

3 PILIHAN PERAWATAN UNTUK MENDAPATKAN GIGI PUTIH CEMERLANG
April 27, 2019
Show all

Tips Anti Sakit Setelah Pasang Behel

Satu minggu pertama setelah pasang behel adalah saat paling menderita bagi pasien. Ada rasa tidak enak di mulut yang perlu adaptasi, susah makan, serta rasa kencang di gigi terutama saat menggigit. Setelah melewati 1 minggu pertama ini, you’re well on your way to a beautiful straight smile!

Untuk membantu kamu merasa lebih nyaman dengan behel baru, ada beberapa tips yang bisa dilakukan :

  1. Pastikan beberapa hal ini sebelum meninggalkan klinik dokter gigi ortodontismu :
    • Cek ujung kawat dengan menggunakan lidah atau jari untuk memastikan kawat tidak menusuk pipi atau lidah.
    • Memahami tahap selanjutnya. Pastikan kamu tahu kapan kunjungan kontrol berikutnya, makanan apa yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, apakah ada alat tambahan yang harus dipakai dan bagaimana cara menjaga kebersihan mulut selama pakai behel.
    • Cek ulang persediaan alat yang dibutuhkan, termasuk dental wax yang sering digunakan dalam kondisi braces emergency (kawat menusuk, sariawan, dll).
  2. Hati-hati ketika makan dengan behel

Pasien boleh langsung makan setelah pasang behel, tapi ortodontis akan sangat merekomendasikan untuk makan makanan lunak selama beberapa hari pertama. Makanan yang direkomendasikan seperti mie, pasta, sup, sayuran lunak, bubur, pudding, yogurt, dll. Setelah beberapa hari, rasa kencang akan berkurang sehingga pasien dapat mengunyah makanan yang lebih padat, tapi pastikan untuk tetap tidak memakan makanan yang dilarang selama perawatan behel, seperti : jagung, apel (jangan digigit langsung), permen karet.

  1. Gunakan WAX untuk area yang rawan sariawan

Behel yang bagus didesain halus dan tidak melukai mulut, walaupun demikian sariawan dan iritasi tetap dapat muncul pada area-area tertentu. Lama kelamaan, bibir, pipi dan lidah akan “kebal” terhadap behel, tapi saat awal-awal sebaiknya wax ditempel pada area yang berasa tajam untuk menghindari ketidaknyamanan munculnya luka.

  1. Kumur dengan air garam

Apabila muncul iritasi atau sariawan, dapat dibantu dengan berkumur air garam hangat selama 30 detik 5-6x sehari. Cukup tambahkan ½ sendok teh garam pada 1 gelas air hangat. Air garam akan membantu meredakan sakit dan mempercepat penyembuhan sariawan.

  1. Selalu jaga kebersihan gigi dan mulut

Gunakan sikat gigi khusus perawatan behel untuk membersihkan gigi setiap selesai makan serta bersihkan sisa makanan yang menyangkut di behel. Jangan lupa sikat gigi rutin sepert biasa 2x sehari pagi dan malam. Dengan menjaga kebersihan mulut, akan mencegah munculnya masalah di kemudian hari

  1. Minum obat penghilang rasa sakit

Jika rasa sakit dirasakan sangat mengganggu aktivitas, minum obat penghilang rasa sakit, seperti paracetamol atau ponstan, untuk meredakan rasa sakitnya. Konsultasikan terlebih dahulu dengan ortodontis.

Setiap orang memiliki respon yang berbeda terhadap rasa sakit, semoga 6 tips ini membantu kamu untuk mendapatkan gigi rapi lurus dengan lebih nyaman. Setelah lewat beberapa hari pertama ini, kamu akan sudah terbiasa dengan behel dan tidak lagi berasa sakit kok! Semangat!

 

 

 

 

 

 

 

Oleh :

drg. Stephanie Adelia Susanto, MM, Sp.Ort

Opal Dental

Jl. Pakuningratan 25 Yogyakarta 55233 – 081 228 991 991

Jl. Cendrawasih 1B Demangan Baru Yogyakarta – 0822 1101 9191

www.opaldentalindonesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *