TIPS SUPAYA ANAK TIDAK TAKUT DOKTER GIGI

Tips Anti Sakit Setelah Pasang Behel
Juni 10, 2019
Tusuk Gigi VS Dental Floss
November 19, 2019
Show all

TIPS SUPAYA ANAK TIDAK TAKUT DOKTER GIGI

Berdasarkan penelitian, anak yang terbiasa ke dokter gigi akan punya gigi yang jauh lebih sehat sampai tua. Oleh karena itu, sangat baik untuk membiasakan anak sejak dini untuk “berteman” dengan dokter gigi. Berikut adalah tips untuk para parents supaya pengalaman anak ke dokter gigi berjalan dengan menyenangkan:

  1. Kenalkan anak ke dokter gigi dari kecil sebelum ada masalah pada gigi anak.

Ajak anak berkunjung ke klinik gigi untuk perkenalan dan check up sehingga anak merasakan pengalaman ke dokter gigi tanpa rasa sakit. Pada kunjungan ini, umumnya dokter gigi akan memperkenalkan alat-alat untuk memicu rasa penasaran anak, juga dapat dilakukan tindakan “brushing” supaya anak tidak takut dengan suara-suara yang ditimbulkan oleh alat dokter gigi. Kunjungan awal dapat dilakukan sejak anak berumur 18 bulan.

 

  1. Jangan pernah menakuti anak untuk ke dokter gigi

Banyak orang tua tidak sadar terkadang menakuti atau menghukum anak dengan ancaman “suntik”, atau “dibawa ke dokter” akan menimbulkan ketakutan berlebihan pada anak. Ingat Moms, anak-anak itu memiliki daya ingat yang sangat kuat, nanti rasa takut yang ditanamkan akan terbawa sampai dewasa lho, jadi hindari menjadikan dokter dan dokter gigi sebagai suatu sosok yang menakutkan ya.

  1. No surprises!

Anak-anak, terutama anak yang mudah cemas, akan lebih tenang jika mereka diberitahu terlebih dahulu beberapa hari sebelumnya apabila mau ke dokter gigi. Biarkan anak untuk banyak bertanya, dan hindari kata-kata seperti “sakit”, “bur” dan “suntik”. Mengejutkan anak dengan tiba-tiba dibawa ke dokter gigi bisa jadi membuat anak panik dan stres lho!

  1. Be a good example

Apabila anak melihat orang tua stres dan tegang ketika akan mengantar anak ke dokter gigi, anak akan ikut tegang dan beranggapan bahwa dokter gigi adalah sesuatu yang menakutkan.

Play it cool, dan apabila orangtua sedikit tegang, sembunyikan rasa tegang tersebut. Anak-anak biasanya akan mengambil contoh dari orangtua ketika menghadapi sesuatu. So parents, just relax and have a good time!

  1. Cari dokter gigi yang cocok

Carilah klinik gigi dengan dokter dan staff yang ramah. Lingkungan klinik yang tidak menyeramkan juga akan membantu anak untuk tidak takut dengan image dokter gigi. Ketika sudah menemukan klinik yang cocok, cobalah untuk konsisten dan tidak berganti-ganti dokter terlebih dahulu supaya anak dapat terbiasa dan nyaman dengan dokter dan staff klinik tersebut. Dokter gigi yang hangat serta memiliki selera humor yang baik umumnya akan membantu anak menikmati dental visit-nya!

 

Klinik Gigi Opal Dental

Jl.Pakuningratan 25 Yogyakarta / 0822 6688 9191/ 0274-2922898

Jl. Cendrawasih 1B Demangan Baru Yogyakarta / 0822 1101 9191/ 0274-5018864

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *