Tusuk Gigi VS Dental Floss

TIPS SUPAYA ANAK TIDAK TAKUT DOKTER GIGI
October 17, 2019
Show all

Tusuk Gigi VS Dental Floss

Siapa disini yang sehabis makan suka nyelip?

Untungnya hampir disetiap tempat makan menyediakan alat yang namanya tusuk gigi yang biasa kita pakai untuk membersihkan sela-sela gigi…Eitss, tapi tunggu dulu, apakah menggunakan tusuk gigi baik untuk kesehatan gigi ???

Jawabannya adalah, TIDAK !

Ternyata menggunakan tusuk gigi baik yang berbahan plastik maupun kayu/bambu justru dapat menyebabkan iritasi pada gusi. Proses menusuk dan “mencungkil” bagian sela gigi dengan tusuk gigi menyebabkan gusi di area tersebut mengalami tekanan yang lama-kelamaan menyebabkan rasa sakit pada gusinya. Rasa sakit ini menandakan telah terjadinya peradangan pada gusi yang dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gusi yang seharusnya melekat pada gigi menjadi longgar dan turun. Kondisi ini adalah permulaan dari masalah lain yang lebih kompleks. Selain itu, menggunakan tusuk gigi juga dapat menyebabkan terciptanya celah/gap di antara gigi lho, pada akhirnya semakin selilitan deh!

Tusuk gigi memiliki bentuk yang tidak sesuai dengan bentuk anatomi gigi, sehingga tusuk gigi tidak dapat membersihkan sisa makanan dengan maksimal. Akibatnya sisa-sisa makanan dan plak gigi akan semakin menumpuk di sela-sela gigi tanpa disadari.

Alasan lain untuk tidak menggunakan tusuk gigi adalah kebanyakan tusuk gigi yang ada di tempat makan ataupun yang dijual bebas tidak dapat dijamin kebersihannya. Hal ini malah akan menyebabkan gusi dan gigi menjadi tidak sehat, ujung-ujungnya jadi sakit, lubang, bengkak, dan bahkan bernanah.

Hiii, serem juga ya. Lalu bagaimana dong cara membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi?

Alternatif yang lebih baik dalam membersihkan sisa makanan adalah dengan menggunakan BENANG GIGI atau DENTAL FLOSS. Benang gigi bentuknya ya seperti benang, yang dimasukkan ke sela gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang terjebak. Karena bentuknya benang, jadi lebih mudah mengikuti bentuk gigi, sehingga pembersihan plak gigi lebih maksimal serta tidak mengiritasi gusi. Penggunaan benang gigi juga sangat mudah, tinggal dibentangkan saja dengan kedua jari kita, lalu dimasukkan ke sela-sela gigi, kemudian digerakkan zig-zag kesamping serta ke atas dan ke bawah seperti gambar dibawah ini.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana cara membersihkan sela-sela gigi yang lebih aman? Buat kalian yang selama ini sering menggunakan tusuk gigi, buruan periksakan gigimu ke dokter gigi. Siapa tahu sudah ada masalah pada gusi atau ada lubang disela gigimu : )

 

 

oleh:

Drg. Agrippina Hadi

Opal Dental Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *